Home » » Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools

Cara Daftar Blog di Google Webmaster Tools

Written By Direktur Iklan on Jumat, 14 Januari 2011 | 08.01

Postingan saya kali ini melanjutkan terdahulu, yaitu membuat sitemap pada blog wordpress. Setelah sitemap Anda buat maka perlu kiranya sitemap terebut kita submit ke google webmaster tools. Tujuannya adalah agar isi blog lebih mudah terindex Google. Namun, agar Anda bisa mendaftarkan sitemap ke Google Webmaster Tools, terlebih dahulu Anda mesti mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Bagaimana cara menambahkan blog ke Google Webmaster Tools? Berikut saya bahas tutorialnya.

Untuk bisa mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools, pertama Anda mesti mempunyai account Google, misalnya Account Gmail atau Blogger. Apabila belum punya silahkan mendaftar salah satu layanan tersebut, karena Webmaster Tools sudah terintegrasi dengan layanan tersebut. Jika Anda sudah mempunyainya, berikut cara menambahkan blog ke Google Webmaster Tools :
  1. Login dulu ke Google Webmaster Tools dengan Username dan Password google account Anda.
  2. Pada halaman Webmaster, klik Add Site (Tambah Situs). Di kotak input yang muncul, masukkan alamat blog Anda, misal: http://www.Download Disini.com dan klik Continue (Lanjut).
  3. Setelah itu, Anda akan diminta memverifikasi blog Anda. Ada 4 cara untuk memverifikasi blog, yaitu dengan menggunakan Meta Tag, menambahkan DNS record ke domain,  menggunakan Google Analytics dan mengupload file verifikasi dalam format HTML ke server hosting. Kali ini, kita akan menggunakan verifikasi dengan meta tag. Jadi saya hanya akan menjelaskan cara verifikasi blog dengan Meta Tag. Copy meta tag yang diberikan oleh Webmaster Tools dan simpan.
Sampai disini proses pendaftaran Blog ke Google Webmaster Tools telah selesai. Jangan tutup jendela webmaster tools dulu karena Anda akan melakukan proser verifikasi nantinya. Untuk melakukan verifikasi blog dengan Meta Tag tadi., Anda mesti memasang meta tag tersebut di blog Anda. Berikut saya jelaskan cara meletakkan meta tag untuk verifikasi blog di Webmaster Tools pada blog Wordpress:
  1. Login ke Dashboard blog Wordpress Anda.
  2. Pada Dasbord klik Menu Appearance » Editor.
  3. Pada jendela editor, klik Header (header.php) tempat kita akan meletakkan meta tag tadi.
  4. Setelah muncul, kode dari Header tadi, copy meta tag yang Anda simpan tadi, dan paste diatas kode .
  5. Simpan dengan mengklik Update File.
Proses pemasangan Meta Tag verifikasi sudah selesai. Kini saatnya memverifikasi blog di Webmaster Tools. Untuk itu login lagi ke jendela Webmaster Tools. Pada halaman webmaster tools, Anda akan melihat pada status jika blog belum terverifikasi. Untuk itu klik alamat blog yang Anda daftarkan tadi.

Selanjutnya, Anda akan dibawa lagi ke halaman verifikasi. Klik tombol Verifikasi (Verify) untuk melakukan verifikasi blog Anda di Google Webmaster Tools.
Jika blog sudah terverifikasi. Maka status blog belum terverifikasi yang Anda lihat tadi akan berubah menjadi Verified (terverifikasi).

Sekian tutorial cara mendaftarkan dan memverifikasi blog di Google Webmaster Tools agar blog cepat terindex google. Selanjutnya, Anda harus mendaftarkan sitemap ke Google Webmaster Tools tadi. Tutorialnya akan saya bahas pada artikel selanjutanya.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger