Home » , » Cara Membuat Internal Link di Blog

Cara Membuat Internal Link di Blog

Written By Direktur Iklan on Rabu, 19 Januari 2011 | 22.31

internal link
Pada tutorial dasar blogger kali ini, saya akan memberikan tips bagi teman-teman blogger semua tentang bagaimana membuat internal link. Saya yakin di antara Anda pasti sudah ada yang mengetahui atau paham dengan kekuatan inbound link dari situs lain atau halaman web yang relevan dengan niche dalam hal page rank atau kepopuleran link. Dan banyak yang mempercayai bahwa Google sangat memperhitungkan link-link tersebut ketika menentukan page rank atau authority. Yang tidak sepenuhnya benar adalah bahwa link-link tersebut merupakan satu-satunya pemegang peranan penting dalam SEO situs kita. Link-link internal yang kontekstual juga sama pentingnya. Internal Link membantu semua halaman terindeks oleh search engine dengan "mengingatkan" spider search engine bahwa halaman lama kita masih eksis dan layak untuk dinilai. Ini dapat meningkatkan kegunaan blog kita dengan baik dan membantu kita keluar dari penjara Google Sandbox.

Manfaat internal link posting blog:

  1. Menaikkan Page View. Membuat tautan ke posting lama, kemungkinan besar akan membawa pembaca ke halaman posting lama. Pembaca akan membuka lebih dari satu halaman saja, artinya hit page view meningkat. Manfaat lainnya memberikan kesan blog Anda lebih hidup dengan membuat tautan yang berhubungan pada posting lain. Ada peluang, pembaca akan meninggalkan komentar pada halaman lain yang dia baca. Meningkatkan kepercayaan pembaca pada blog Anda dan kemungkinan akan menjadi pembaca setia. Kemungkinan lainnya adalah, pembaca akan tidak segan-segan untuk berlangganan artikel  dari blog Anda. Saya sudah membuktikannya.
  2. Memuaskan Pembaca Blog. Internal link merupakan navigasi yang baik bagi pembaca blog untuk menuju posting-posting terkait. Satu artikel posting jika didukung oleh artikel lainnya akan semakin menguatkan fakta pada posting tersebut. Pembaca pasti akan mencari alasan kenapa dia harus membaca posting tersebut, adakah posting lain pada blog yang mendukungnya.
  3. SEO (Search Engine Optimization). Membuat tautan ke posting lain akan mengoptimalkan proses index mesin cari pada seluruh halaman blog yang saling bertautan. Secara otomatis mesin cari seperti google dan yahoo akan membaca konten posting pada link (tautan) yang ada. Link dari blog lain yang mengarah ke blog Anda (back link) memang sangat berpengaruh bagi peringkat blog (pagerank). Namun link pada posting yang satu ke posting yang lain juga akan menaikkan peringkat halaman blog pada search engine. Kita dapat meningkatkan pagerank halaman tertentu pada blog dengan membuat banyak tautan posting yang berkualitas menuju halaman tersebut. Misalnya Anda punya satu posting yang menjadi andalan blog. Nah, untuk mengoptimalkannya pada hasil pencarian mesin cari seperti Google, Anda bisa membuat tautan dari posting lain yang mengarah ke posting andalan tersebut. Coba deh, pasti ada efeknya di search engine. SEO google starting guide sangat menyarankan internal link ini. Mengapa Anda tidak melakukannya jika masih mengandalkan Google sebagai mesin pencari Anda.
Bagaimana membuat tautan ke posting lama? Membuat tautan sangat mudah, untuk blog gratis seperti di blogger dan wordpress telah menyediakan fitur ini. Yang menjadi permasalahan adalah, bagaimana membuat tautan yang berkualitas. Tunggu episode berikutnya
Penting :
Membuat tautan dengan konsep internal link juga tidak sembarangan. Saya belajar dari aturan yang disarankan oleh google. And why is that? Karena google adalah guru terbaik untuk belajar. Anda ingin apa, tanyakan pada google dan dia akan menjawab. 
Demikian tadi penjelasan singkat saya mengenai internal link dan dari uraian diatas Anda bisa menyimpulkan sendiri bagaimana fungsi dan peran sebuah internal link dalam sebuah blog. Nah, sekarang waktunya Anda untuk menyediakan waktu guna membuat tautan antara posting yang satu dengan yang lainnya. Yang perlu diingat dan diperhatikan disini adalah buatlah tautan dengan konten posting yang masih berkaitan dan relevan. 

Semoga bermanfaat
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger