Home » » Memasang Yahoo Messanger di Blog

Memasang Yahoo Messanger di Blog

Written By Direktur Iklan on Sabtu, 29 Januari 2011 | 23.06

Artikel kali ini mungkin sedikit menarik bagi temen-temen blogger yang punya hobi chatting. Ya, disini saya akan berikan tutorial singkat bagaimana cara memasang Yahoo Messenger di bloger. Fasilitas ini seperti yang ada di friendster, jadi kita bisa langsung ngobrol dengan pengunjung. Seperti itulah kira-kira fungsi dari menu ini, soalnya saya sendiri juga belum pernah pake Friendster, maklum orang dusun yang kadang-kadang kalau lagi nulis artikel listriknya mati.

Untuk memasang Yahoo Messenger ini kita bisa memanfaatkan fitur Pingbox yang disediakan Yahoo!. Lewat Pingbox, kita akan mendapatkan kode yang harus kita pasang di blog, profil Friendster, atau website kita.

Berikut ini cara membuat Pingbox:
  1. Kunjungi http://messenger.yahoo.com/pingbox/studio/ untuk menuju ke halaman seperti pada gambar di bawah ini:
  2. Pilih Background Theme sesuai dengan preferensi kita;
  3. Di kolom Display name, masukkan nama yang akan kita tampilkan. Contrenglah opsi Show Yahoo! Messenger display image jika kita ingin menampilkan gambar yang sekarang muncul di YM kita.
  4. Pilihlah salah satu ucapan selamat datang di kolom Online Greeting, atau pilih Enter custom message jika kita ingin membuat sendiri ucapan itu.
  5. Pilihlah salah satu pesan bahwa kita sedang tidak online di kolom Offline message, atau pilih Enter custom message jika kita ingin membuat sendiri ucapan itu.
  6. Contrenglah opsi Require visitors to enter Nickname to send IM agar setiap orang yang mengirim pesan ke kita diwajibkan mengisikan nama aliasnya (nick name);
  7. Pada kolom Save Pingbox as, tulislah nama Pingbox kita. Misal, jika pingbox yang kita bikin sekarang ini akan dipasang di blog, berilah nama Pingbox Blogger atau sesuka anda.
  8. Tekan tombol Save;
  9. Akan muncul windows bar. Masukanlah Yahoo! ID dan passwordnya, lalu tekan tombol Sign In. Windows itu akan menutup sendiri.
  10. Akan muncul kotak berisikan kode yang harus kita pasang. Untuk mendapatkan kode yang pas sesuai peruntukannya, pilihlah jenis blog atau website kita. Misal, jika kita ingin mendpatkan kode untuk Blogger maka kliklah logo dan tulisan Blogger yang tersedia.
  11. Tentukan ukuran kotak yang kita inginkan. Sangat disarankan untuk memilih opsi Recommended.
  12. Tekan tombol Copy to clippboard.
Tahapan selanjutnya Cara Pasang Yahoo Messenger (YM) di Blogger, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Login ke blogger dengan akun anda, kemudian klik Rancangan/Design >> Tambah/Add Gadget >> pilih HTML/JavaScript
  2. Setelah terbuka halaman baru, pada kolom Judul, tulislah Judul yang kita mau, misal: CHATBOX.
  3. Pada kolom Konten masukan kode Pingbox yang telah dicopy sebelumnya, caranya letakkan Crusor ke dalam kolom Konten, lalu klik kanan dengan mouse dan pilih paste atau tekan Ctrl + V pada keyboard;
  4. Klik Simpan, selesai.
Apabila proses dan langkah-langkah di atas telah di lakukan dengan benar, maka hasilnya akan seperti pada contoh di bawah ini (contoh akan muncul/tampil jika browser Anda dilengkapi plugins flash player):
Jika ada kritik dan saran dari temen-temen semua, bisa langsung tulis di kotak komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger