Home » » Membuat Blog di Blogspot

Membuat Blog di Blogspot

Written By Direktur Iklan on Selasa, 11 Januari 2011 | 06.15

Artikel ini seharusnya saya letakkan di awal postingan saya, tapi karena kemarin ada teman yang bertanya bagaimana membuat blog di blogspot, yah ada baiknya tutorial ini saya tulis. Salah satu penyedia Blog yang cukup populer saat ini adalah Blogspot atau Blogger. Kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih Hidup karena hasil kreasi sendiri.

Berikut cara-cara membuat Blog di Blogspot atau Blogger.

1. Ketikkan alamat http://www.blogger.com pada address bar browser anda.


2. Jika alamat yang anda ketik benar maka akan muncul halaman utama blogger.com. Silahkan tukar bahasanya dengan Bahasa Indonesia. Kemudian klik tombol BUAT BLOG.


3. Ketikkan email anda pada kotak yang tersedia.



4. Masukkan password email anda. Nama tampilan berarti nama website (untuk selanjutnya akan disebut blog) yang akan anda buat, yang akan selalu tampil di bagian atas (header) blog anda nanti. Pastikan anda mengisi kotak Verifikasi Kata dengan tepat sesuai karakter yang muncul (lihat tulisan berwarna merah) . Kemudian klik tombol LANJUTKAN.


5. Akan muncul halaman verifikasi akun anda. Ketikan nomor HP anda pada kotak kosong yang tersedia. Kemudian klik tombol Kirim kode verifikasi ke ponsel anda.


6. Tunggu beberapa saat hingga pesan (sms) google terkirim ke HP anda. Ketikkan kode verifikasi yang terkirim pada HP pada kotak Masukkan kode. Kemudian klik tombol Verifikasi.
7. Pada kotak kosong pertama isi nama blog anda. Pada kotak kosong kedua isi alamat blog yang anda inginkan Alamat ini akan menjadi alamat blog anda untuk seterusnya. Jika sudah diketik, tekan tombol cek ketersediaan. Google akan mencek apakah alamat yang anda ketik tersedia atau tidak. Jika tidak, ulangi langkah yang sama, sampai anda temukan nama yang tersedia. Kemudian klik tombol LANJUTKAN.


8. Pilih sebuah template (disain tampilan blog) yang anda inginkan, dengan cara mengklik lingkaran putih kecil. Kemudian klik tombol LANJUTKAN.


9. Sekarang anda sudah berhasil membuat sebuah blog. Anda bisa langsung masuk ke halaman pengaturan (dapur) blog anda. Klik tombol MULAI BLOGGING.


10. Inilah dapur blog anda (blogger menyebutnya halaman dasbor). Hanya anda sendiri yang bisa masuk ke halaman ini (kecuali passwordnya anda sebarkan pada orang lain). Di sinilah tempat anda mengutak-atik blog anda, mulai dari menerbitkan tulisan, mengisi biodata, mengatur warna tulisan, memberi gambar, video, tata letak, dan masih banyak lagi.


11. Setiap selesai bekerja dihalaman dasbor pastikan anda menutupnya kembali. Jika tidak blog anda bisa diutak atik dan disalahgunakan orang lain. Caranya klik menu Keluar.


12. Selamat! Sekarang anda sudah punya sebuah blog, yang bisa dibuka dengan alamat: http://www.NAMABLOGANDA.blogspot.com. Sedangkan untuk mengelolanya anda tetap harus masuk melalui http://www.blogger.com. Tentunya dengan mengisi kotak email dan password yang tersedia. 
Itu tadi langkah-langkah pembuatan blog dengan menggunakan fasilitas blogspot, untuk temen saya yang tanya semoga sudah jelas ya.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger