Home » » Apa Arti Sebenarnya Bisnis Online itu?

Apa Arti Sebenarnya Bisnis Online itu?

Written By Direktur Iklan on Sabtu, 05 Maret 2011 | 08.18

Bisnis Online merupakan unit usaha dari setiap bisnis itu sendiri, namun segala aktifitasnya menggunakan fasilitas internet, atau tepatnya berada didunia internet (maya-red).

Macam Binis Online: 

1. Bisnis Produk Creation
Maksudnya disini adalah segala macam bisnis online yang berbentuk produk hasil milik sendiri, contoh: jual ebook,audio,video, juga bisa berupa produk riil, contohnya: jualan pakaian, asesoris komputer atau biasa disebut toko online. Kepemilikan usaha yang berbentuk jasa/ semacamnya pun masuk dalam kategori ini, misalnya: punya situs iklan baris, forum jual-beli, jejaring sosial, dsb. Jadi pemilik kaskus, facebook, kotasantri dan lain-lainnya termasuk dalam kategori ini.

2. Bisnis Produk Afiliasi
dalam bahasa inggris, afiliasi berarti bergabung atau menjadi bagian, nah jika didunia offline (nyata-red), sering kita mendengar istilah agen, makelar ataupun apalah,jika kita berhasil kita akan mendapat komisi sebesar sekian rupiah/$, begitu pula didunia internet, berarti bisnis afiliasi adalah bisnis yang menjalankan produk orang lain. Namun perbedaanya dgn dunia nyata, kita tidak perlu bertatap muka secara langsung, sebab kita biasanya dibekali sebuah link (sebagai tanda kita), jika ada yang masuk/ mengunjungi alamat web tsb lewat link kita, maka sama dgn masuk atas referensi kita, selanjutnya penjelasan ttg produk web tsb, web itu sendirilah yang menjelaskan sendiri.

Macam Bisnis Afiliasi

1. PTC (Pay To Clik) dibayar untuk klik
  • Milik perusahaan periklanan, Kita dibayar jika mengeklik iklan oleh kita sendiri setelah daftar jadi member mereka, Kok bisa???
  • Begini cara kerjanya: setelah kita mendaftar, kita akan diberikan ‘jatah’ iklan setiap hari yang bisa kita klik, nah setiap klik yang kita lakukan, akan mendapatkan komisi sekian rupiah dari perusahaan tsb, pahamkan?
    Untuk macam bisnis PTC, KLIK disini.
2. PPC (Pay Per Clik) dibayar per klik
  • Milik Perusahaan periklanan juga, namun kebalikan dari PTC, kita dibayar justru kalo iklan dari perusahaan periklanan yang kita ikuti, diklik orang, biasanya hasil komisinya lebih besar dari PTC perkliknya.
  • Begini cara kerjanya, setelah kita mendaftar, kita diberi script oleh perusahaan periklanan tsb yang nantinya kita pasang di blog/website kita, nah, dari setiap pengunjung blog/web kita yang mengklik iklan itulah komisi kita dapatkan.
  • Yap betul, berarti harus punya web/blog donk? tenang, untuk urusan ini, pasrain aja ke jasa77, jasa pembuatan web dan blog termurah.
3. PPS (Pay Per Sale)
  • Seperti yang saya jelaskan di atas ttg apa bisnis afiliasi itu, kita bila ingin bebisnis PPS, akan diberika sebuah link oleh perusahaan yang kita ikuti.PPS (Pay Per Sale) akan membayar jika terjadi penjualan melalui Link kita. Kalo org Cuma ngeklik Link doank, kita belum dibayar. Kalo sampai terjadi penjualan, baru kita dibayar.
  • Sebagai affiliate PPS, biasanya kita dapat komisi bagi hasil antara 30%-75% untuk setiap penjualan yang terjadi lewat link kita. Misal, harga produk affiliate Rp. 100.000,-. Jika Anda berhasil menjual 1 kali produk affiliate dengan komisi 50%, maka komisi yg masuk ke rekening anda adalah Rp. 50.000,-.
  • Biasanya selain link kita juga diberi Banner untuk promosi, tentunya Bisnis ini pun juga mengharuskan kita punya web/blog, agar kita bisa memasang Banner untuk promosi hingga bisa diklik orang.Untuk urusan ini,serain ajah ke jasa77, jasa pembuatan web dan blog termurah.
4. PPL (Pay Per Lead)

Pada PPL (Pay Per Lead) Kita dibayar jika mereferensikan orang lain daftar secara gratis ke website PPL. Hanya dengan mereferensikan orang lain mendaftar gratis atas link kita, maka kita dibayar. Ada Perusahaan affiliate PPL di luar negeri mensyaratkan data tambahan seperti data telpon prospek, kartu kredit, dll. Mungkin karena mereka ingin lihat calon pendaftar (lead/prospek) yang potensial. Namun kebanyakan PPL hanya mensyaratkan 2 data utama saja, yaitu nama dan email. Bisnis ini juga bisa disebut PPE (Pay Per Email) sebab kita dapat komisi hanya dengan meminta orang mendaftarkan email mereka atas referensi kita (melalui link kita).

Oke sobat, kiranya ini sudah bisa menambah pengetahuan kita bersama ttg apa itu bisnis online, jadi salah besar jika yang dimaksud Bisnis Online itu bisnis MLM/MONEY GAME/ARISAN ato apalah pokoknya kita bayar terus ajak sekian orang buat bayar ntar kita baru dapat kalo orang2 itu juga dapat sekian orang, WAAHHH, BUKAN sob!!!
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger