Home » , » Aplikasi Untuk Mengevaluasi dan Menganalisa Web Design

Aplikasi Untuk Mengevaluasi dan Menganalisa Web Design

Written By Direktur Iklan on Jumat, 04 Maret 2011 | 06.39

Kini terdapat banyak perangkat untuk menganalisa kode website anda dan traffic, tetapi tidak banyak tools untuk mengevaluasi design dan aksesibilitas. Namun sebenarnya cara terbaik untuk mengevaluasi web design adalah mendapat feedback dan masukan dari para user. Berikut ini adalah tools yang berguna untuk melihat design anda dan mudah dalam penggunaannya dalam prakteknya. Dalam list ini anda tidak perlu menggunakannya secara menyeluruh, cukup beberapa saja yang anda betul-betul butuhkan dan percayai.

1. Google website Optimizer
Google website Optimizer adalah testing website dan tools optimasi, yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai dari website anda saat ini seta traffice tanpa mengeluarkan biaya. Menggunakan website Optimizer untuk melakukan test dan optimasi konten website dan design. Anda dapat secara cepat dan dengan mudah meningkatkan penghasilan dan ROI dimana anda baru di bidang marketing atau seorang pakar.

 Aplikasi untuk mengevaluasi dan menganalisa web design

2. Firefox Accessibility Extension
Firefox Accessibility Extension membuat orang dengan ketidakmampuan dalam penglihatan untuk lebih mudah dalam menjelajah konten website . Developer dapat menggunakan extension untuk mengecheck penggunaan struktur dan markup style yang dapat mendukung fungsi aksesibilitas website .

3. YSlow
YSlow menganalisa halaman website dan memberikan beberapa saran untuk meningkatkan performa berdasar dari satu set aturan untuk halaman website dengan performa tinggi. YSlow adalah add-on dari Firefox yang terintegrasi dengan Firebug web development tool. YSlow memberikan peringkat sebuah halaman website berdasarkan dari komponen web yang telah dibuat oleh web developer . Memberikan beberapa sara untuk meningkatkan performa halaman, merangkum komponen halaman, menampilkan statistik tentang halaman, dan menyediakan tool untuk menganalisa performa, termasuk Smush.it dan JSLint.

4. Click Density
Temukan dimana pengunjung anda meng-klik halaman website anda yang paling banyak. Click Density heart map akan menampilkan secara cepat popularitas dari komponen halaman anda.

5. Pagealizer
Pagealizer membantu meningkatkan konversi landing page (biasanya digunakan untuk halaman website affilite) dengan menampilkan relevansi data penggunaan dan saran mengenai desain halaman dan landing page optimization. Menampilkan detail secara lengkap berapa lama seseorang mengunjungi halaman anda, rata-rata mengunjungi ulang, sejauh mana pengunjung melakukan scroll kebawah, dan dimana pengunjung melakukan klik.

6. Clixpy
Clixpy membantu anda menemukan fitur mana saja yang sulit digunakan dan mana yang mudah, dimana user menghabiskan waktu lebih dan mengapa mereka meninggalkan website anda. Clixpy dapat membantu mengoptimalkan landing page dan mengkonversi lebih banyak pengunjung bagi klien.

7. Access Color
AccessColor melakukan test contrast dan brightness warna diantara warna depan (foreground) dan warna latar (background) dari semua elemen di DOM (Document Object Model) untuk memastikan kontras cukup tingga untuk mata pengunjung.

8. Check My Colours
Check My Colours adalah tool untuk mengecek kombinasi warna foreground dan warna background dari semua elemen DOM dan menentukan apakah cukup kontras saat dilihat oleh seseorang dengan pandangan yang kurang. Semua test berbasis algoritma yang disarankan oleh World Wide Web Consortium (W3C).

9. Browsershots
Browsershots melakukan screenshots/screen capture dari web design di berbagai sistem operasi dan browser. Ini adalah aplikasi website online yang open-source yang menyediakan untuk para web developer cara yang tepat untuk melakukan test kompatibilitas website browser dalam satu tempat.

10. Five Second Test
Five second test adalah usability test yang dapat membantu anda mengukur efektifitas dari design anda. Menyediakan 5 detik test untuk menemukan bagian mana dari design anda yang paling penting. ANda dapat melakukannya dengan dua cara:
  • Memory Test
    Anda memberikan user 5 detik untuk melihat design anda dan kemudian menanyakan kepada mereka beberapa elemen spesifik.
  • Click Test
    Anda memberikan user 5 detik untuk mencari mencari lokasi dan mengklik elemen spesifik dari design anda
Anda cukup mengupload sebuah design yang ingin anda test dan pilih tipe test yang anda inginkan untuk dijalankan. Anda akan diberikan sebuah link unik yang dapat di-share dengan teman-teman dan kolega untuk mengetesnya. Tentunya anda dapat juga menggunakan user secara acak untuk melakukan test untuk mendapatkan masukan lebih cepat.

11. Usabilla
Usabilla menawarkan cara yang cepat dan sederhana untuk mengumpulkan masukan di setiap tahapan dari proses design anda. Tanyakan pada user anda sebuah pertanyaan yang mudah untuk mengumpulkan masukan yang bernilai dan kekurangannya. Gunakan One-Click-Taksa untuk mengukur task performance. User cukup men-share masukan mereka dengan mengklik dimana saja di website anda, mockup, sketch, atau gambar. Melakukan pengukuran waktu, mengumpulkan point, dan mendapat masukan bernilai dengan catatan.

12. User Testing
User Testing menyediakan cara cepat dan murah untuk melakukan website usability testing. Pemilik website dapat mengakses sebuah jaringan para pengetes yang telah disaring dimana telah bergabung dan memiliki perhatian serta sesuai dengan demografis yang telah ditentukan. Anda memberikan demografis website dan layanan ini akan memilih user yang berhak untuk melihat website anda. Semua ini anda membayar $39 per test.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger