Home » , » Cara Optimasi Blog WordPress Bagi Pemula Dengan Plugin WP-Optimize

Cara Optimasi Blog WordPress Bagi Pemula Dengan Plugin WP-Optimize

Written By Direktur Iklan on Jumat, 04 Maret 2011 | 22.31

Seringkali ketika kita membuat postingan, wordpress secara otomatis menyimpan (autosave) revisi postingan tersebut setiap beberapa waktu tertentu dan bisa direstore sesuai keinginan kita. Bila kita melakukan perubahan dan edit postingan sebanyak 6 kali, maka kemungkinan ada 6 revisi bahkan lebih yang disimpan oleh wordpress termasuk autosave. Revisi-revisi postingan tersebut tersimpan dalam database MySQL dengan besar byte tergantung panjang dan besar tulisan yang membuat database menjadi berat. Bila besar postingan 100KB, maka 6 revisi yang tersimpan bisa menjadi 600KB. Bila ada 100 postingan yang serupa dalam blog kita maka bisa jadi besar database menjadi 600MB.



Tentang Plugin WordPress WP-Optimize


WP-Optimize adalah salah satu plugin yang harus kita miliki bila menggunakan platform blog wordpress. Wp-Optimize membuat kita bisa membersihkan dan mengoptimalkan database SQL blog wordpress kita tanpa harus login ke database Admin MySQL atau phpmyadmin sehingga sangat cocok bagi blogger pemula seperti kita. Plugin ini akan membantu membersihkan semua revisi tulisan tersebut yang tentunya membuat blog menjadi lebih ringan dan lebih cepat. Plugin ini juga sangat cocok bagi anda yang mempunyai blog di hosting dengan kapasitas terbatas. Namun untuk hosting sebaiknya anda mencari hosting dengan kapasitas besar hingga tak terbatas. Justhost merupakan salah satu hosting yang memberikan database tak terbatas dengan harga murah meriah.

Fitur-Fitur Lain Plugin WordPress WP-Optimize


Fitur lain plugin ini adalah menghapus semua komentar spam maupun komentar yang belum disetujui oleh kita yang juga tersimpan dalam database hanya dengan satu kali klik sesuai keinginan kita. Selain itu WP-optimize juga akan mengoptimalkan database dan melakukan kompresi ruang kosong untuk membuat blog kita menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Wp-Optimize menunjukkan besar tiap tabel yang ada dalam database sehingga kita bisa mengetahui table mana yang membuat blog menjadi berat dan perlu dioptimasi.

Bahkan kelebihannya yang luar biasa adalah mampu merubah nama akun menjadi nama akun yang baru, tanpa harus membuat user name baru dan menghapus user name yang lama melalui menu user profile. WordPress tidak mengizinkan kita mengubah username, padahal username default (admin), seringkali menjadi isu keamanan dalam blog wordpress. Dengan WP-Optimize kita dapat mengubah akun admin dan membuat semua postingan, komentar, dan objek terhubung dengan akun yang baru.

Persyaratan Plugin WordPress WP-Optimize


Membutuhkan platform blog WordPress minimum Versi 2.7

Cara Instalasi Plugin WordPress WP-Optimize

  1. Download versi terbaru WP-Optimize dan upload di folder wp-content/plugins hosting blog kita lalu unzip atau install langsung Wp-Optimize dari darshboard blog wordpress kita.
  2. Aktifkan plugin WP-Optimize melalui menu Plugins >> Installed Plugin
  3. Jika berhasil diinstall dan diaktifkan, plugin WP-Optimize ini akan terlihat di Dashboard blog wordpress, di bagian menu Dashboard >> WP-Optimize.

Cara Penggunaan Plugin WordPress WP-Optimize

  1. Klik menu WP-Optimize pada pilihan menu yang ada di Dashboard.


  2. Pilih option yang ingin dilakukan.


  3. Remove all Post revisions, akan menghapus semua revisi tulisan yang tersimpan di database
  4. Clean marked Spam comments, akan menghapus semua komentar yang berlabel spam. Karena itu sebaiknya pastikan dulu semua komentar adalah spam dan ingin anda hapus dengan klik Review Spams.
  5. Clean Unapproved comments, akan menghapus semua komentar yang belum kita setujui.
  6. Optimize Database Tables, akan mengoptimalkan table-tabel database yang diindikasi oleh WP-Optimize.


    Security Tools, untuk mengubah username akun blog wordpress blog kita. Misalnya dari admin menjadi pengelola.
  7. Klik tombol Process.
Setelah selesai, WP-Optimize akan memberikan laporan berapa besar database yang berhasil dioptimalkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger