Home » » JComment: Fasilitas Komentar Joomla yang Simple tapi Exelent

JComment: Fasilitas Komentar Joomla yang Simple tapi Exelent

Written By Direktur Iklan on Sabtu, 05 Maret 2011 | 02.28

Sebuah blog ibarat sebuah gedung pameran yang berisikan berbagai macam karya dari seseorang yang bernama "blogger". Suatu ketika, datanglah seseorang ke sebuah pameran, dia melihat-lihat karya dari "blogger" tersebut. Ada karya yang membuatnya terpesona, dan ada juga karya yang biasa-biasa saja. Lalu orang tersebut ingin menyampaikan uneg-unegnya kepada "blogger" tersebut, tapi ternyata ada sedikit masalah. Di ruang pameran itu, yang ada karya-karyanya saja. Tidak ada kotak saran, tidak ada Customer Servicenya. Intinya si pengunjung itu bingung. Ingin menyampaikan sebuah masukan yang mungkin bisa membangun, tapi fasilitasnya tidak ada.

Nah.. seperti juga kita membuat sebuah blog. Tanpa adanya kotak komentar untuk sekedar memberikan komentar atau bertanya, rasanya masih ada yang kurang. Dan tema itulah yang akan saya posting kali ini. Postingan ini saya beikan untuk rekan-rekan yang masih bingung dalam memasang kotak komentar pada joomla. Bagi yang sudah mahir, mungkin bisa menjadi alternatif komponen kotak komentar yang simple tapi exelent.

Kotak komentar yang saya pakai adalah JComment, salah satu extensi joomla untuk komentar dengan fitur yang lumayan lengkap dengan tampilan yang sederhana. Sistem komentar yang mudah digunakan dan powerful, fitur-fiturnyajuga powerful, menggunakan teknologi AJAX, multilanguage, mudah dikonfigurasi dan terintregasi dengan komponen-komponen  terbaik joomla.

Sebelum kita beranjak dengan cara memasnag kotakkomentar ini, alangkah baiknya kita sedikit tahu tentang featur yang disediakan oleh JComment, biar lebih manteb gan.. hehe..
  • Ada AntiSpamnya (CAPTCHA) yang bisa diaktigkan dan dinonaktifkan sesuai selera
  • Support multilangauge (lebih dari 20 bahasa, tapi sepertinya bahasa Indonesia belum ada.. sedihnya
  • Support Smile & BBCode, smilenya bisa kita set ulang sesuka hati loh.. diganti-ganti sesuka selera juga OK
  • Bisa mengimport komentar dari komponen ketiga joomla (seperti AkoBook, Chrono Comments, ComboMax, Cinema, EasyComment, de el el)
  • Ada avatarnya, ON ato OFF bisa. Support avatar dari Agora Forum, CommunityBuilder, ccBoard, Contacts, FireBoard, IDoBlog, JomSocial, de el el
  • Ada fasilitas email subscripsi dan RSS Feeds-nya juga
wah sepertinya dah cukup.. nanti kepanjangan. Untukyang lainnya bisa langsung dibaca ada di webnya. Sambil belajar bahasa inggris.. hehe OK, sudah saatnya step by step memasang kotak komentar pada joomla:
  1. Download dulu komponennya di sini
    http://www.joomlatune.com/jcomments-downloads.html
  2. Masuk ke halaman administrasi joomlamu, Extension > Install/Uninstall
  3. Pilih file JComment yang sudah kamu download, lalu install
  4. Masuk ke Extension > Plugin Manager
  5. Cari Conten - JComment, lalu enable
  6. Masuk ke Component > JComment > Manage Comment. Nha.. di sana kamu bisa berkreasi mandiri, kategori artikel mana saja yang mau kasih komentar dan yang tidak, menambah dan mengurangi smile, mengatur fasilitas yang diberikan pada komentator yang ter-registrasi dan tidak. Silakan berkreasi. Tab-tabnya sangat mudah sekali untuk dipelajari, dan tidak ribet
Itulah mengapa saya berpendapat JComment, adalah extensi joomla yang simple tapi exelent. Walau simple, tapi fiturnya banyak banget dan mudah dipahami. Jadi sangat tepat buat kamu-kamu yang ga mau ribet-ribet. Sebagai sumber tambahan, jika Anda ingin belajar lebih tentang JComment, silakan kunjungi saja situs-situs di bawah ini:
http://extensions.joomla.org/extensions/contacts-and-feedback/articles-comments/9985
http://www.joomlatune.com/jcomments.html
http://www.joomlatune.com/jcomments-integration-guide.html
Apakah tulisan saya ini cukup membantu, ataukah membuat Anda tambah pusing?? Atau masih ada yang perlu ditanyakan mengenai Jcomment, silakan isikan uneg-uneg Anda dengan berkomentar di postingan ini. Jangan segan untuk bertanya atau memberikan masukan atau sekedar berkomentar kepada saya. Terimakasih.

OK, Selamat Mencoba dan Semoga Sukses !!!
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger