Home » » Macam-Macam Program Affiliasi Website

Macam-Macam Program Affiliasi Website

Written By Direktur Iklan on Sabtu, 05 Maret 2011 | 07.54

Dalam menekuni bisnis internet marketing, atau cari duit melalui internet, kita akan banyak menemui istilah (dalam Bahasa Inggris) yang perlu dipahami terlebih dahulu. Istilah-istilah ini akan sering muncul apabila kita hendak menjalankan program affiliasi. Dibawah ini akan dijelaskan pengertian dari istilah yang paling sering ditemui.

Advertiser 
Ini adalah rantai awal sebagai sumber pendanaan usaha periklanan di internet. Bisa berupa perusahaan yang menjual produk, jasa atau bahkan website.

Affiliate
Seseorang atau sebuah website berupa tempat dimana pengguna datang dan melihat tampilan iklan. Lihat juga pengertian Web Publisher.

Affiliate Marketing 
Berperan sebagai perwakilan untuk menciptakan/menghasilkan tindakan tertentu bagi website lain. Sebuah web publisher biasanya dianggap sebagai sebuah affiliate dari Advertiser (Pengiklan). Tindakan yang tercipta bisa berupa mengirimkan pengunjung ke sebuah website lain, hingga terciptanya transaksi penjualan pada sebuah website. Salah satu penemu program affiliate marketing adalah Commission Junction, dimana advertiser dan publisher bertemu sehingga tercipta platform untuk berinteraksi diantara mereka. Kebanyakan interaksi dan peluang yang tercipta antara advertiser dengan publisher berbasis CPA.

Autoresponder
Autoresponder adalah sepotong software yang secara otomatis membalas sebuah pesan email dengan cara mengirim surat balasan yang telah tersedia dan telah disusun mengandung gambar, teks, file PDF, dll. Aweber dan GetResponse adalah contoh penyedia jasa autoresponder terbaik saat ini.

Banner (ad) 
Banner adalah iklan grafis, umumnya berukuran 468×60 pixel (namun saat ini sudah banyak ditemukan banner yang tidak berukuran standard). Sebenarnya banner adalah bentuk awal advertising web yang sampai saat ini masih digunakan oleh website, meskipun akhir-akhir ini popularitasnya sudah mulai menurun, dan telah banyak digantikan oleh bentukadvertising lain seperti text ads dan iklan yang disamarkan kedalam konten yang terbukti sangat ampuh meningkatkan CTR (Click Through Rate).

Click Through Rate/Ratio (CTR)
Sebuah angka perhitungan yang didefinisikan sebagai jumlah klik dibagi dengan tampilan (impressions), biasanya berupa persentase, untuk menciptakan “click-through” ( “membujuk” seorang pengunjung untuk mengklik link yang disediakan oleh pemasang iklan). Dengan kata lain, bila dibutuhkan 20 tampilan (impression) iklan untuk menghasilkan satu click-through, maka CTR adalah 5%.

Conversion 
Ini adalah istilah menujukkan jumlah pengunjung (user) website yang melakukan aksi/tindakan yang disyaratkan dalam CPA.

Conversion Rate
Sebuah angka perhitungan yang didefinisikan sebagai jumlah conversion dibagi dengan jumlah tampilan (impressions). Biasanya berupa persentase.

Cookie 
Sebuah program kecil yang diberikan oleh website publisher ke komputer pengunjung (user) untuk memonitor tindakan yang diambil user tersebut, sebagai dasar catatan dan perhitungan dalam proses periklanan internet.

Cost Per Action (CPA)
Biaya yang dibayarkan oleh Advertiser apabila sebuah aksi/tindakan yang sebelumnya disepakati, terjadi. Tergantung bentuk aksi/tindakan yang disepakati, resiko paling besar ditanggung oleh Publisher dan resiko paling kecil ditanggung oleh Advertiser (karena Advertiser tahu persis apa yang akan dibayar dan hanya akan membayar untuk aksi/tindakan tertentu saja).

Cost Per Click (CPC) 
Advertisers akan melakukan pembayaran apabila seorang pengunjung meng-klik sebuah iklan. Iklan berbasis CPC memberi beban resiko pada Publisher, karena mereka akan dibayar hanya apabila pengunjung mereka meng-klik iklan. Satu publisher bisa saja menghasilkan jutaan impressions (tampilan iklan) tanpa menghasilkan apapun bila pengunjung tidak meng-klik iklan di website mereka. Beberapa program iklan berbasis CPC yang baik adalah Google Adsense, Bidvertiser dan Adbrite. CPC dimaksudkan sebagai harga/biaya yang timbul apabila seorang mengklik sebuah iklan (banner, text atau bentuk iklan lain) dan beralih ke situs lain melalui sebuah link. Sebuah program affiliasi memberi bayaran yang kecil untuk setiap click-throuh yang mengirimkan pengunjung ke situs tujuan melalui sebuah link affiliasi.

Cost Per Lead (CPL)
Dimasukkan sebagai bagian dari CPA, dimana aksi/tindakan yang dilakukan pengunjung berupa mengisi formulir isian, mendownload sesuatu atau memasang program trial. Publisher dibayar apabila pengunjung yang dikirim melakukan tindakan diatas. Lihat definisi CPA.

Cost Per Thousand (CPM)
M itu berasal dari huruf Romawi untuk angka 1000. Ini adalah bentuk paling mendasar untuk mengukur tampilan iklan internet, yaitu harga untuk menampilkan 1000 iklan bentuk apapun (banner, text atau bentuk lain yang bisa ditelusuri). Pengiklan membeli impresi (tampilan) dari penerbit (publisher) dan membayar berdasarkan “per seribu” tampilan. Misalnya, seorang pengiklan membeli 1.000.000 tampilan iklan pada harga $10 CPM, maka jumlah pembelian adalah $10.000. Program CPM adalah cara beriklan paling menguntungkan bagi publisher karena tidak ada resiko; dimana resiko berada pada pihak advertiser (mereka membayar tanpa memandang apakah pengunjung melakukan tindakan tertentu atau tidak). Biasanya CPM ini dipakai publisher untuk mengukur mana yang paling menguntungkan dari dua affiliate program.

Cost Per Sale (CPS) 
Lihat definisi CPA. Dimana publisher akan mendapat bayaran berupa komisi atas pembelian yang dilakukan oleh pengunjung yang kita kirim ke advertiser. Bisa berupa nilai nominal uang atau persentase dari nilai transaksi pembelian.

EPC
EPC adalah singkatan dari Earnings Per (100) Clicks. Masing-masing program affiliasi memiliki pengertian yang berbeda tentang EPC. Misalnya, Commission Junction mengartikan EPC sebagai “average per SERATUS click”, sementara network lain mengartikannya sebagai “average earnings per SATU click”. Mohon agar dipastikan benar sebelum mengikuti program affiliasi tertentu. EPC dapat dihitung dengan membagi komisi yang didapat dengan jumlah klik yang diperlukan untuk menghasilkan komisi tersebut. Untuk lebih pastinya anda dapat melakukan perhitungan disini.

FAQ 
Adalah singkatan dari Frequently Asked Questions. Biasanya disedikan oleh sebuah website untuk mengantisipasi pertanyaan paling sering diajukan beserta dengan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Biasanya FAQ berisi informasi yang berhubungan dengan problem-solving dan informasi lebih lanjut.

Hit 
Ini adalah istilah yang paling sering disalah-mengerti dalam pengukuran web traffic. Sebuah “hit” tercatat setiap web browser membuat request untuk sebuah informasi, misalnya code HTML yang membentuk web tersebut atau grafik yang ada pada web tersebut. Sebuah hit dicatat untuk setiap elemen yang ada pada sebuah laman, misalnya akan tercatat 31 hit saat SEKALI me-loading laman yang mengandung 30 grafik (HTML + 30 element grafik= 31 hit). Hit adalah cara pengukuran yang selalu didengungkan untuk membuat sebuah web site terdengar “menakjubkan”. (misalnya, “Our new site got a million hits last month!” – dimana mereka tidak mencantumkan bahwa tiap laman website tersebut mengandung 100 grafik!)

Impression 
Tindakan menampilkan sebuah iklan kepada seorang pengunjung website. Satu halaman website bisa saja mengandung beberapa impression (apabila halaman tersebut memiliki lebih dari satu unit iklan).

Merchant 
Perusahaan atau organisasi yang berada pada sisi pembayar dalam hubungan affiliasi. Biasanya merchant adalah sebuah situs e-commerce yang memberi kompensasi bagi affiliatenya karena membawa pelanggan kepada mereka, namun dari segi pandang program affiliasi bentuk situs lain juga dapat dianggap sebagai “merchant”. Misalnya, perusahaan yang membayar untuk setiap pengunjung yang berlangganan free newsletter juga diperhitungkan sebagai “affiliate merchant” meskipun mereka tidak menjual produk.

Monetization 
Jumlah pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah website atau laman web.

Opt-in
Opt-in adalah metode atas kesadaran sendiri untuk mendaftarkan seseorang untuk berlangganan newsletter atau mailing list. Dengan kata lain, seseorang harus secara aktif “memilih” untuk bergabung dalam mailing list dengan memasukkan alamat email mereka dalam formulir pendaftaran. Biasanya upaya membuat Opt-in mailing list disebut sebagai “permission marketing”.

Opt-out
Sebagai bentuk kebalikan dari Opt-in, Opt-out adalah metode untuk mendaftarkan seseorang untuk berlangganan newsletter atau mailing list bukan atas kesadaran sendiri. Perbedaan mendasar antara mailing list dan Opt-out adalah bahwa seseorang harus menyatakan “Saya ingin BERGABUNG” untuk masuk dalam mailing list Opt-in, namun mereka dimasukkan kedalam mailing list Opt-out tanpa atas kesadaran mereka, dan mereka harus menyatakan “Saya ingin KELUAR” agar mereka dikeluarkan dari daftar mailing list. Biasanya kita dimasukkan dalam mailing list Opt-out bila kita membeli sebuah produk (”Mereka telah membeli produk kami, maka mereka ingin bergabung dalam mailing list kami”).

Pageview 
Jumlah halaman yang dilihat oleh seorang pengunjung saat berada pada sebuah website.

Search Engine Marketing (SEM) 
Ini adalah tindakan membeli keyword (kata kunci) dari mesin pencari seperti Google atau Yahoo!. Pengiklan membayar dengan imbalan mereka akan mendapatkan posisi tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari.

Search Engine Optimization (SEO)
Ini adalah tindakan yang diambil untuk mengoptimalkan sebuah website untuk kata kunci (keyword) tertentu, sehingga apabila seorang pengunjung mencari melalui mesin pencari, maka website tersebut akan berada paling dalam daftar hasil pencarian.

Traffic Exchange 
Dapat berupa pertukaran traffic di Internet termasuk pertukaran link (link exchange), pertukaran iklan (banner exchange), pertukaran foto, dan lain-lain. Prinsip dasarnya adalah anda mengirimkan seorang pengunjung ke website lain dengan imbalan kelak akan menerima kiriman pengunjung dari website tersebut. Bila anda bisa mengendalikan kapan seorang pengunjung berpindah dari website anda, pertukaran traffic akan menjadi alat yang ampuh. Saat mengikuti pertukaran traffic, waspada selalu karena banyak penyedia pertukaran traffic yang tidak jujur.

Two-tier program
Two-tier affiliate program menghargai affiliatenya dalam dua level, untuk dua jenis tindakan. Tier pertama menggunakan hubungan merchant-affiliate standar, yakni affiliate dibayar oleh karena memberi aksi berupa lead atau penjualan, dan Tier kedua memberi insentif bagi affiliate yang membawa affiliate lain bergabung dalam program mereka. Insentif yang diberikan kepada affiliate yang membawa affiliate baru adalah berupa persentase dari pendapatan affiliate baru tersebut. Kadang-kadang metode ini sering dianggap sebagai multi-level-marketing.

Web Publisher
Lebih umum dikenal sebagai website, ini adalah tempat dimana pengguna atau pengunjung datang dan melihat tampilan iklan.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger