Home » , » Pilih Google PageRank atau Alexa Rank?

Pilih Google PageRank atau Alexa Rank?

Written By Direktur Iklan on Jumat, 04 Maret 2011 | 05.28

Teman, tau kan apa yang dimaksud dengan page rank? Page Rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin saat mereka masih menjadi mahasiswa S3 pada Universitas Stanford. Untuk mendefinisikan apa itu alexa ranking, berikut adalah penjelasan langsung dari situs alexa.com:
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site's current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.
Kira-kira kalau diterjemahkan artinya sebagai berikut :
Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah peringkat yang di buat oleh Alexa.com untuk website atau blog berdasarkan banyaknya trafik atau kunjungan terhadap website atau blog tersebut, dan data trafik atau kunjungan tersebut adalah berdasarkan informasi dari jutaan pengguna internet yang memasang Toolbar alexa pada browser internet mereka.
Nah, ngomong-ngomong masalah Ranking, baik itu dari Google atau dari Alexa, stop, bukan Alexa yang group band itu yah. ternyata bagi sebagian blogger merupakan suatu kebanggaan atau pun menjadi suatu kemudahan dalam rangka memanfaatkan blog-nya itu. Memanfaatkan untuk apa? Salah satunya untuk mendapatkan tambahan uang jajan, mungkin berupa mata uang rupiah atau dollar. Okay, ini informasi bagi yang belum ngerti aja yah, yang baru mulai mengenal blog. Ada namanya program paid review, gampangnya, kita akan dibayar ketika kita mereview dan lalu menulis suatu artikel tentang apa yang review tadi di blog milik kita. Apa yang di review? yang di review tentunya berupa website juga. Nah, agar mudah mendapatkan job dari paid review, minimalnya blog kita harus memiliki Google PageRank 3. Nilai yang diberikan google adalah dari ranking 0 (nol) sampai dengan 10 (sepuluh). Semakin besar rangking nya, semakin baik nilainya. Bagaimana cara melihat Google Pagerank? banyak caranya, diantaranya dengan memasang Google Toolbar pada browser Mozilla Firefox Anda, atau bisa juga memasang / menginstall add-ons pada browser Anda, salah satunya adalah SearchStatus. atau menggunakan tools yang ada di website tertentu yang berfungsi untuk mengetahui Google PageRank suatu blog / website.

Nah, bagaimana dengan ranking dari Alexa? Rangking dari Alexa pun sebenarnya membawa pengaruh juga dalam memonetize suatu blog selain untuk paid review. Sebelum mengikuti program PPC lokal yang sekarang, dulu itu persyaratan atau kelas nya itu berdasarkan rangking alexa, jadi jikablog kita memilki rangking alexa di antara 500,000 – 1,000,000 maka kita bayaran perklik nya pun lebih sedikit. So, semakin kecil rangking alexa kita, itu semakin bagus. Dan ketika alexa rankblog kita semakin baik, kemungkinan blog kita itu semakin banyak dikunjungi oleh orang. Tapi, kenyataan tidak demikian. Alexa pun tidak selalu menilai atau memberikan rangking suatu blog berdasarkan banyaknya pengunjung secara keseluruhan. Ya, karena alexa sendiri lebih menganggap, atau men-syah kan pengunjung suatu website yang pada browsernya terinstal alexa toolbar atau add-ons dari alexa. Jadi, jika blog kita banyak dikunjungi oleh orang yang menggunakan handphone atau browser yang tidak dipasang alexa toolbar, maka hasil rangkingnya akan lebih baik blog yang sedikit pengunjungnya tapi dikunjungi oleh orang yang menggunakan browser yang telah diinstal alexa toolbar.

Yang dilingkari garis merah merupakan tampilan dari add-ons SearchResult. Yang ditunjuk panah biru, itu menunjukan nilai Pagerank dari Google. Dan nilai dari Alexa Rank yang sebelahnya.

Lalu, bagaimana cara menaikkan rangking keduanya, dari Google dan Alexa. Okay, standarnya saja yah, pertama adalah perbanyak posting artikel murni, alias tulisan yang bukan berupa tulisan berbayar / paid review, kalo bisa sehari satu tulisan. Kalo nggak bisa, ya standarnya 3 hari sekali deh. Ajak lah teman teman blogger yang telah Anda ajak kenalan untuk saling tukeran link, maksudnya tukeran link itu, Anda memasang link alamatblog teman Anda, dan sebaliknya pun teman Anda memasang link blog Anda. Lalu, rajin rajin lah nulis komentar yang baik di blog milik blogger lain yang sama sama aktif memberikan komentar, kenapa saya sarankan begitu? Karena kebanyakn blogger telah mengetahui tentang alexatoolbar dan kegunaannya, lalu mereka pun memasang alexa toolbar pada browser mereka, dan hasilnya, blog Anda dikunjungi oleh orang yang yang menggunakan browser yang telah terinstal alexa toolbar, dan ini akan berakibat bisa lebih cepat menaikkan Alexa Rank blog Anda. Selain itu dengan menulis komentar, berarti Anda telah meninggal kan jejak, maksudnya, Anda telah meninggalkan alamat website /blog Anda pada komentar itu. Nah, kemungkinannya, akan ada orang lain yang mengunjung blog Anda dari link yang Anda pasang pada form komentar, dan bisa juga untuk membantu menaikkan Google PageRank blog Anda.

Okay, itu saja sedikit perbandingan Google PageRank dan Alexa Rank, kebetulan blog saya ini, baru saja di turunkan Google PageRank nya, kemungkinan karena saya kurang rajin posting, kebanyakan tulisan paid review nya..hehehe.. Dan juga, Alexa Rank blog ini sedikit berkurang (membesar), padahal jumlah pengunjung semakin baik, baru menginjak 2000 (dua ribu) sehari..hehehe.. Tulisan ini hanya untuk pengenalan saja, tidak terlalu komplit, berdasarkan yang saya baca dan saya ketahui dari tulisan blog milik teman-teman lainnya. Oiya, terus pilih mana? pilih Google PR yang bagus atau Alexa Rank yang bagus? Jika tujuan Anda ingin menulis di blog atau ingin nge-blog, maka semuanya tidak terlalu berpengaruh, tidak penting gitu lho.. hehehe.. Terima kasih.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger