Home » » Apakah Anda Adalah Orang Yang Dapat Dipercaya?

Apakah Anda Adalah Orang Yang Dapat Dipercaya?

Written By Direktur Iklan on Sabtu, 23 April 2011 | 02.23

Satu lagi artikel iseng saya tulis buat mengisi waktu senggang, terkadang saya merasa sebagai seorang yang tidak dapat dipercaya paling tidak bagi saya sendiri, apalagi buat orang lain. Ketika seorang insinyur sedang merencakan untuk membangun sebuah jembatan, maka dia lebih memilih baja sebagai bahan dasarnya untuk digunakan dalam sebuah konstruksi dibanding kayu, bambu, jenis besi yang tidak terlalu kuat, dan sebagainya. sebab dia lebih dulu tahu bahwa bahan ini bisa diandalkan untuk menanggung beban-beban yang sangat berat. Jika dia tidak yakin sama sekali akan hal ini, maka ia tidak akan berencana untuk membangun sebuah jembatan yang terbuat dari baja.

Download Disini identitas klenik

Setiap sesuatu di dunia ini telah dianugerahi dengan sifat-sifat tertentu, sebagaimana baja telah diberikan dengan kekokohan, dan masing-masing elemen dapat diandalkan untuk menggunakan sifat-sifat khususnya masing-masing. Oleh karena itu, sikap masing-masing elemen dapt diprediksi ketika berada di bawah seperangkat keadaan-keadaan. Sebab performa dapat diandalkan yang ada di dunia materi inilah, peradaban mampu untuk mencapai kemajuan. Seandainya obyek-obyek material kehilangan sifat-sifatnya, maka seluruh bangunan peradaban dunia akan musnah.

Demikianlah peranan sifat-sifat fisik dari alam material. Demikian pula dalam alam manusia, terdapat sifat-sifat yang memiliki peran penting yang sama, mereka merupakan elemen-elemen yang secara bersama-sama ikut memperkuat akhlak, sifat pokok yang tanpanya tidak ada satu pun manasyarakat maju yang dapat dibangun. sebuah masyarakat yang tersusun dari individu-individu yang memiliki akhlak hina tidak dapat melakukan apa pun kecuali kehinaan itu sendiri.

Karena sebuah masyarakat mesti berjalan dalam sebuah cara terbaik yang dapat diambil, maka setiap anggotanya harus dapat begitu dipercaya sehingga tingkah laku mereka di bawah keadaan-keadaan tertentu dapat diprediksikandengan mudah. Dengan kata lain, dalam pergaulannya dengan mereka, seseorang harus dapat mempercayai mereka ketika merekamengatakan apa yang akan mereka kerjakan. Seseorang harus berharap sepantasnya bahwa mereka akan melakukan yang benar dan meskipun mereka memiliki perasaan keluhan personal, tetapi mereka tidak akan memperlakukan orang lain dengan tidak adil. Orang-orang yang memiliki sifat ini adalah orang-orang yang berhati baja, karena mereka memenuhi harapan-harapan yang diberikan kepada mereka, sebagaimana baja akan selamanya dapat menanggung beban-beban yang terberat. Sebuah masyarakat yang terdiri dari orang-orang semacam itu pasti akan berkembang dan maju.

Sebuah masyarakat yang memiliki karakteristik yang berbeda seperti diatas pasti akan mengalami kehancuran. Ketika orang-orang tidak menepati janji-janji mereka dan menolak untuk menerima kebenaran yang dihadapinya, ketika mereka memfitnah orang lain karena keluhan personal, tidak perduli apakah orang yang difitnah itu melakukannya atau tidak, maka masyarakat mereka akan menjadi laksana dunia yang di dalamnya baja tidak lagi menjadi baja, dan batu yang keras akan mulai hancur berkeping-keping seperti kayu yang membusuk karena dimakan usia.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger