Home » , » Beberapa Tips Mendapatkan Uang dari Blog

Beberapa Tips Mendapatkan Uang dari Blog

Written By Direktur Iklan on Minggu, 17 April 2011 | 20.39

Tulisan ini kembali menjadi sekuel dari dua tulisan sebelumnya, jika teman-teman ada yang belum membaca bisa dibuka lagi. Ketika kita membuat sebuah blog, pasti kita akan dihadapkan pada sebuah pertanyaan, mau diarahkan kemana blog ini? Jika pertanyaan itu jawabannya adalah kita membuat blog agar menghasilkan uang (monetize blog). Maka kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips untuk mendapatkan uang dari blog. Saya hanya ingin berbagi, beberapa tulisan sebelumnya saya fokuskan ke tutorial blog dan sekarang temanya tentang online business. (seperti biasa maaf kalo gambarnya nggak ada hubungannya sama artikel yang saya tulis... iseng aja)

Seperti kita tau, sebagian besar blogger saat ini ngeblog untuk mendapat uang dari blog yang dikelola. Secara umum bisa dikenal dengan monetize blog. Beberapa memang membuat blog sebagai jurnal pribadi atau outlet dari kegiatan sehari-hari, namun dari jurnal pribadi tersebut diharapkan bisa menghasilkan uang. Bagi saya, mungkin ini adalah cara termudah untuk bertahan dari krisis ekonomi global yang kita hadapi sekarang. Akan tetapi hal ini tidak akan dapat berjalan bila kita tidak memiliki strategi bagaimana agar blog lebih rapi dan informatif untuk pembaca.

Berikut ini adalah beberapa tips mendapat uang dari blog

  1. Membuat halaman atau template blog yang lebih presentable. Blog akan lebih menarik jika tampilan blog terlihat rapi di mata pembaca. Gunakan template yang membuat konten pada blog masih dapat dibaca. Blog kamu akan sia-sia jika kontennya tidak dibaca karena template yang digunakan tidak baik. Penampilan template sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang. Usahakan blog lebih rapi, bersih dengan navigasi blog yang sehat pula.
  2. Memilih niche atau target market pembaca blog. Hal ini sangat penting bagi blogger. Akan lebih baik jika kita memiliki niche yang khusus, unik atau lebih spesifik. Hal ini akan memudahkan pengguna internet untuk mendapatkan konten blog yang lebih khusus untuk seleranya.
  3. Menulis konten yang menarik, sesuatu yang memberikan ide untuk para pembaca. Seperti tips atau pertanyaan dimana mereka dapat memberikan komentar dan anda bisa menanggapi komentar yang masuk. Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak trafik ke blog kita. Ingatlah, semakin tinggi trafik yang Anda memiliki maka semoga saja lebih banyak uang yang anda dapatkan dari blog.
  4. Lakukan blogwalking atau kunjungan ke blog lain dan berikanlah komentar pada blog mereka. Dengan blogwalking diharapkan mereka juga akan mengunjungi blog anda dan juga memberikan komentar. Jika kamu sering melakukan ini, semakin banyak kamu mendapatkan trafik ke blog anda.
  5. Update blog setiap hari. Jika memungkinkan tulislah topik yang menarik setidaknya sekali dalam sehari. Letakkan beberapa gambar sebelum atau setelah konten artikel blog anda. Diharapkan dengan begini maka akan semakin mempercantik dan membuat blog lebih menarik.
Di samping tips diatas berikut ada beberapa tips tambahan, seperti : lebih bersahabat, ramah dan akomodatif terhadap pengunjung, bersikaplah sederhana, suka mencari dan suka belajar hal baru. Masih banyak tips lainnya, namun menurut saya tips ini layak untuk dipraktekkan. Perlu diingat tidak semua tips diatas benar seratus persen. Berdasarkan apa yang saya alami, sangat jauh dari kenyataan. Contohnya saja tetang niche. Blog ini isinya campur-baur dan tidak spesifik pada tema tertentu. Jadi silahkan anda menentukan cara terbaik untuk mendapatkan uang dari blog anda. Jangan lupa pula satu tips penutup tentang sikap mental pebisnis online untuk dapat sukses berbisnis internet. Bisa saja kita memiliki ekspektasi yang tinggi namun kenyataan yang dihadapi sangat berbeda.

Oke segitu dulu kayaknya penjelasan dari saya mengenai tips mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog, seperti biasa jika dari temen-temen ada yang mau menambahkan tips lain silahkan, saya akan menerima dengan celana... eh tangan terbuka silahkan isi kotak komentar yang ada di bawah dan semoga bermanfaat.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger