Home » , » Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia

Written By Direktur Iklan on Senin, 05 Maret 2012 | 03.33

Bagi Anda yang hobi makan dan punya waktu untuk berlibur, tentu harus mencoba untuk mencicipi beberapa makanan di Indonesia. Untuk itu sebenarnya ada beberapa makanana khas Indonesia yang patut Anda coba.

Berikut ini ada beberapa Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia yang harus Anda singgahi selama berlibur. Tempat Wisata Kuliner atau berlibur ke satu kota sambil menikmati kuliner khas kota tersebut pasti punya kenikmatan sendiri. Karena Anda tahu bahwa banyak kota di Indonesia yang kaya dengan kuliner lokal mereka. Ini lah beberapa kota atau Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia, yuk simak selengkapnya:

Medan, Sumatera Utara

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia - Bika Ambon
Jika berbicara Medan, maka dulu sangat identik dengan bika ambon, meski sekarang ketenaran bika ambon mulai digeser Bolu Meranti, masih banyak orang yang membeli bika ambon sebagai oleh-oleh. Selain kedua makanan tersebut, yang tidak kalah pentingnya adalah durian. Medan sangat terkenal dengan duriannya yang besar-besar dan manis. Di medan, Anda bisa menikmati durian di pinggir jalan sambil duduk. Tidak hanya itu, pancake durian memperkaya kuliner Medan dengan tampilan utuh daging durian.

Padang dan Bukittinggi, Sumatera Barat

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia - Rendang
Citarasa kuliner dari wilayah ini bahkan terkenal hingga mancanegara. Rendang masih jadi masakan primadona yang mewakili citarasa kuliner Indonesia. Tak heran, banyak rumah makan Padang yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Kekayaan kuliner di wilayah ini salah satunya karena jenis yang tak terhingga. Jenis dendeng misalnya, ada dendeng balado dan dendeng batokok. Ada gulai paku, gulai toco, dan gulai tambusu. Ada sate Padang, sate Pariaman, juga sate Padangpanjang. Pokoknya semuanya wajib dicoba!

Di Bukittinggi, Anda bisa mencoba nasi kapau. Di Pasar Atas Bukittinggi, Anda bisa membeli aneka oleh-oleh seperti keripik balado yang bercitarasa pedas. Di pasar ini juga terdapat penjual pisang gapit, yaitu pisang yang dibakar, dipipihkan, dan dimakan dengan kelapa parut dicampur gula merah.

Bogor, Jawa Barat

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia - Toge Goreng
Bogor, selain terkenal dengan udaranya yang sejuk juga pepohonan yang rindang, merupakan sentra kuliner yang tidak ada habisnya. Sama halnya seperti Bandung, Bogor juga punya masyarakat yang kreatif dalam menciptakan aneka kuliner baru.
Di sini Anda bisa mencicipi toge goreng yang dijual di banyak tempat. Juga ada laksa bogor, soto mi, asinan dan manisan khas Bogor. Jangan lupa juga cicipi kreasi unik dari masyarakatnya, seperti makaroni panggang, roti unyil, juga eskrim dan serabi duren.

Bandung, Jawa Barat

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia - Baso Tahu Goreng
Bandung surganya jajanan. Baso tahu goreng (batagor), siomay, pisang molen, kue sus, bandrek, bajigur, es goyobod, dan es cendol adalah segelintir di antaranya. Mojang jajaka Bandung yang kreatif biasa menciptakan kreasi kuliner baru. Oleh karena itu, kuliner ala kota kembang ini tidak akan ada habisnya!

Selain itu, masih ada soto Bandung, mi kocok, lotek, combro dan misro (oncom di jero dan amis di jero), nasi timbel, sayur asem, peuyeum, cireng (aci digoreng), gepuk, colenak (tape bakar saus kelapa dan gula merah).

Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia - Gudeg
Kuliner di kota ini punya ciri khas, yaitu rasa manis dan gurih yang mendominasi masakannya. Contoh paling mudah adalah gudeg, yang biasa disantap dengan aneka bacem. Selain itu ada pula bakmi Jawa, gulai, tongseng, sate, nasi pecel, hingga sate klathak. Sate klathak adalah kuliner khas Yogya. Daging sapi atau kambing dibakar dengan bumbu yang minim, dan ditusukkan pada potongan jeruji sepeda. Ada bir jawa dan kopi joss yang merupakan minuman khas lokal. Jangan lupa bawa oleh-oleh bakpia, juga aneka jenang, getuk, wajik, dan yangko yang manis dan legit.

Malang, Jawa Timur

Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia - Bakso Malang
Kota ini memang terkenal dengan cita rasa baksonya yang sangat nikmat. Percayalah, rasanya berbeda dengan 'bakso malang' yang Anda temukan di kota-kota lainnya! Bakso tak hanya dinikmati dengan kuah seperti biasa, tapi juga dibakar. Bakso bakar ini sekarang sudah banyak penggemarnya. Selain bakso, Malang juga terkenal dengan buah apel yang punya cita rasa khas. Apel juga diolah menjadi keripik, jenang dan selai.

Nah, semoga informasi tentang Tempat Wisata Kuliner Di Indonesia bermanfaat untuk Anda yang hobi makan. Nah, buat Anda yang ingin mencoba memasak di rumah, yuk baca Resep Steak Daging Sapi atau Tips Membuat Kue Kering di blog ini.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger