Home » , » Tips Memilih Ikan Segar

Tips Memilih Ikan Segar

Written By Direktur Iklan on Kamis, 08 Maret 2012 | 07.22

Selain ibu tahu cara membuat kue, seperti Kue Kering atau Brownies Kukus, Ibu juga harus tahu Tips Memilih Ikan Segar yang di jual di pasar. Tips Memilih Ikan Segar ini penting karena ikan mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, jangan sampai ikan yang kita masak tidak baik untuk kesehatan kita karena sudah tidak segar lagi.

Tips Memilih Ikan Segar
Nah, berikut adalah Tips Memilih Ikan Segar selengkapnya:

1. Ikan segar matanya akan terang, bening, menonjol dan cembung. Sementara itu, mata ikan yang busuk redup terbenam, kelabu dan tenggelam karena tertutup lendir

2. Ingsang ikan segar warnanya merah sampai merah tua, terang/cerah, tak berbau, dan tak ada “off-odor”. Ikan yang busuk ingsangnya kotor, berwarna pucat dan gelap, keabu-abuan dan berlendir, serta berbau busuk.

3. Lendir ikan segar akan cemerlang, homogen, dan transparan. Lendir ikan yang busuk berubah warna kekuningan dengan bau tidak sedap. Selain itu ikan busuk lendirnya mengering dan berwarna putih susu.

4. Warna kulit ikan yang segar cemerlang dan belum pudar. Sementar ikan yang busuk kulitnya berwarna pudar.

5. Sisik ikan segar melekat kuat, mengkilat dengan tanda-tanda/warna khusus, tertutup lendir jernij; sisik masih utuh, belum banyak yang hilang. Sementara sisik ikan busuk banyak yang lepas; tanda-tanda warna khususnya pudar dan lama-lama menghilang.

6. Bau ikan segar tentu saja akan segar dan tidak mengandung bau-bau asing. Berbeda dengan bau ikan busuk yang tidak sedap, seperti misalnya bau busuk yang menusuk hidung.

7. Kondisi ikan segar terbebas dari parasit-parasit apapun, tanpa luka-luka ataupun kerusakan pada badan ikan. Sementar kondisi ikan busuk banyak terdapat parasit; badannya banyak luka dan patah-patah.

Nah, semoga informasi tentang Tips Memilih Ikan Segar di atas bermanfaat untuk Anda ibu-ibu yang pintar dan senang memasak di rumah. Selamat mencoba.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger