Home » » Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal

Written By Direktur Iklan on Jumat, 27 April 2012 | 18.28

Sebenarnya sudah banyak sekali cara untuk Menghitung Berat Badan Ideal. Yang patut Anda ketahui adalah dunia kedokteran mempunyai standar untuk Menghitung Berat Badan Ideal, yakni dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Menghitung Berat Badan Ideal
Cara Menghitung Berat Badan Ideal sebenarnya mudah. IMT diukur dari berat badan dalam satuan kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter. Contoh:

Ahmad memiliki berat badan 75 kilogram dengan tinggi badan150 sentimeter atau 1,5 meter. Nah, apakah berat badan Ahmad sekarang ini sudah ideal? Ayo kita hitung dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Cara menghitungnya: Berat badan Ahmad 75 kg dibagi dengan 2,25. Angka 2,25 adalah hasil kuadrat dari tinggi badan Ahmad 1,5 m. Hasilnya 33,33.

Batasan untuk menandakan kondisi tubuh seseorang:

1. Berat badan Anda normal atau ideal bila hasil yang diperoleh menunjukkan Angka antara 18,5 hingga 23.

2. Kegemukan bila hasil yang diperoleh menunjukkan Angka antara angka 23 hingga 25.

3. Obesitas ringan bila hasil yang diperoleh menunjukkan Angka antara Angka 25 hingga 27.

4. Obesitas sedang bila hasil yang diperoleh menunjukkan Angka antara Angka 27 hingga 30.

Nah, dengan demikian IMT Ahmad sudah di atas 30. Berarti dia obesitas berat.

Selain Cara Menghitung Berat Badan Ideal di atas, kita bisa mengetahuinya dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur karena seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang. Normalnya, ukuran lingkar pinggang wanita tak boleh lebih dari 80 cm, sedangkan pria tak melebihi 90 cm.

Dengan mengukur lingkar pinggang, kita juga dapat mengetahui sindrom metabolik, yaitu kemungkinan seseorang mengalami kondisi tertentu. Antara lain, kadar gula dash tinggi, kadar trighserida darah tinggi, hipertensi, dan serangan jantung.

Nah, semoga informasi tentang Cara Menghitung Berat Badan Ideal di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Ayo mulai hitung Berat Badan Ideal Anda mulai dari sekarang. Bila berat badan Anda berlebihan, ayo lihat Cara Menurunkan Berat Badan di blog ini.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger