Home » » Cara Menggunakan Twitter Bagi Pemula

Cara Menggunakan Twitter Bagi Pemula

Written By Direktur Iklan on Selasa, 10 Juli 2012 | 20.19

Twitter adalah sebuah jejaring sosial berupa micro-blogging yang cukup terkenal saat ini, sama seperti Facebook. Cara Menggunakan Twitter sebenarnya cukup mudah, Tapi sebelum Anda mengetahui Cara Menggunakan Twitter, ada baiknya Anda lebih mengenal dulu Twitter. Ini contoh Twitter @MenjagaBumi.

Cara Menggunakan Twitter Bagi Pemula
Pendiri Twitter bernama Jack Dorsey, dan didirikan pada tahun 2006. Sejak saat itu Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Twitter kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Situs Twitter saat ini dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Dengan Twitter, pengguna dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan(tweets). Banyaknya kicauan atau teks tulisan hanya dibatasi 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna, berbeda dengan saat Anda Membuat Blog.

Secara default kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower"). Kita bisa menggunakan twitter dengan aplikasi eksternal yang kompatibel seperti Google Nexus 7 atau dengan pesan singkat (SMS) tergantung ketersediaan di negara-negara tertentu.

Logo Twitter berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", pemberian nama tersebut berdasarkan nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird. Nah, mungkin itu saja pengetahuan singkat tentang sejarah Twitter. Berikut adalah Cara Menggunakan Twitter selengkapnya:

1. Followers: followers adalah orang yang mengikuti kita dan akan menerima setiap pembaharuan yang dilakukan.

2. Followings: followings adalah orang yang kita ikuti dalam twitter. Ini merupakan kebalikan dari follower, kita akan menerima setiap update orang yang kita follow.

3. Re-Tweet: ret tweet yang sering disebut dengan RT adalah menulis ulang tweet orang lain dalam profile kita sendiri dan biasanya diikuti dengan nama orang yang membuat tweet pertama kali.

4. Trending Topics = trending topics adalah topik yang sedang hangat di antara pengguna Twitter sedunia. Biasanya trendingtopics ini akan muncul dan selalu di update pada halaman twitter kita.

5. Over Head: over head atau disingkat dengan OH adalah menulis ulang tweet orang lain tanpa menyebutkan sumber tweet tersebut.

6. Direct Message: direct message atau disingkat dengan DM adalah pesan pribadi teman kita (followers) kepada kita.

7. Tanda @ = tanda @ adalah mem - tag atau mengkhususkan tweet kepada salah satu teman yang kita beri tanda.

8. Hash Tags : hash tags dalam twitter di definisikan dengan tanda #. Tanda pagar ini biasanya digunakan untuk mempermudah pencarian topik yang sedang hangat di twitter. Misalnya topik yang sedang hangat adalah Bisnis Online, maka untuk mempermudah pencarian tentang topik tersebut kita menulis #JualBarang sebagai keyword.

Nah, itulah beberapa Cara Menggunakan Twitter yang mungkin bermanfaat Bagi Pemula. Selama menggunakan twitter, ada baiknya Anda bijak menggunakannya, etika dan aturan sosial saat berkomunikasi harus tetap diperhatikan. Bagi yang ingin lebih mengenal beberapa jejaring sosial lainnya, ayo baca juga bagaimana Cara Membuat Pinterest atau Cara Bermain Instagram di blog ini. Semoga bermanfaat!
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger