Home » » Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Written By Direktur Iklan on Senin, 09 Juli 2012 | 23.27

Coklat adalah sebutan untuk makanan yang dihasilkan dari kakao (Theobroma cacao). Kakao sendiri diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Pada awalnya, Coklat dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman dan Manfaat Coklat banyak sekali, seperti halnya Buah Apel atau Buah Manggis yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Coklat Untuk Kesehatan
Biasanya, coklat diberikan sebagai hadiah atau Kado Valentine atau hari raya. Saat ini coklat sudah dibentuk dengan berbagai corak dan rasa yang unik. Oleh karena itu, kita sering menggunakan coklat sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian. Dan, bisa juga sebagai bentuk pernyataan cinta bagi yang ingin Mendapatkan Pacar.

Selain dalam bentuk batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman hangat dan dingin. Ternyata coklat banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Jika mendengar kata coklat, kemungkinan yang terbayang adalah nikmatnya coklat batangan, minuman hangat lezat atau potongan kue yang menggiurkan. Berkat tambahan susu dan gula, coklat memang terasa manis dan menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia, bahkan coklat bisa menjadi bahan dasar untuk Membuat Cupcake.

Kandungan yang yang ada dalam coklat tersebut banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Salat satu jenis coklat yang baik untuk kesehatan adalah coklat hitam. Cokelat hitam ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Nah, berikut adalah Manfaat Coklat Untuk Kesehatan selengkapnya:

1. Mengkonsumsi 20 gram cokelat yang dibuat secara khusus dan dikemas dengan antioksidan, atau flavanol, setiap hari membantu mencegah kerut-merut dan dapat Merawat Kulit agar lebih bersinar dengan mendorong kelenturannya dan meningkatkan hidrasi.

2. Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi Kesehatan Jantung.

3. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) terkait erat dengan chocolate craving. Rindu coklat bisa karena aromanya, teksturnya, manis-pahitnya dsb. Hal ini juga sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine yang adalah suatu substansi mirip amphetanine yang dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian pada gilirannya menghasilkan dopamine. Dampak dopamine adalah muncul perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dianggap mempunyai khasiat aphrodisiac yang memunculkan perasaan seperti orang sedang jatuh cinta (hati berbunga).

4. Coklat juga mengandung theobromine dan kafein. Kedua substansi ini telah dikenal memberikan efek terjaga bagi yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali, seperti halnya Kopi Enak.

Nah, itulah beberapa Manfaat Coklat Untuk Kesehatan. Ayo mari jaga kesehatan tubuh kita dengan selalu menjaga Pola Hidup Sehat dengan selalu mengkonsumsi bahan-bahan alami yang di sediakan oleh alam. Salah satu bahan alami yang baik untuk tubuh adalah madu, mau tahu apa saja Manfaat Madu? ayo baca selengkapnya di blog ini.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger