Home » , » Menu Buka Puasa | Resep Kolak Pisang

Menu Buka Puasa | Resep Kolak Pisang

Written By Direktur Iklan on Rabu, 18 Juli 2012 | 22.23

Bulan Puasa Ramadhan telah tiba. Saatnya Anda menyusun Menu Buka Puasa, salah satu yang patut Anda coba adalah Resep Kolak Pisang. Dengan rasanya yang manis tentu akan mengembalikan tenaga Anda setelah seharian berpuasa. Selain Kolak Pisang, Anda juga dapat mencoba menu segar lainnya seperti Es Pisang Ijo atau Bubur Sumsum.

Menu Buka Puasa | Resep Kolak Pisang
Resep Kolak Pisang yang enak ditentukan dari pemilihan pisang yang tepat dan dari sisi pemampilan harus terlihat segar. Kuah santannya harus cokelat terang, tidak terlalu kental, santannya pas kentalnya dan rasanya legit wangi.

Nah, penasaran bagaimana cara membuat Menu Buka Puasa yang enak dan segar. Yuk, kita coba Resep Kolak Pisang berikut ini seperti yang dikuti dari detik food:

Pisang :
Pisang untuk kolak bisa pisang raja, pisang oli, pisang tanduk, pisang kepok atau raja nangka. Pilih yang masak pohon agar rasanya manis enak dan tidak keras sepet. Jika memakai pisang raja sebaiknya kukus dulu pisang. Karena pisang raja biasanya membuat kuah kolak kebiruan jika direbus bersama santan. Kupas pisang lalu potong-potong ukuran sedang.

Santan:
Untuk rasa gurih manis sebaiknya pakai santan dari kelapa segar. Peras air santan hingga mendapatkan yang sedang kekentalannya. Pilih kelapa yang merah karena jika memakai kelapa hijau santan agak dekil warnanya.

Gula:
Gunakan gula aren atau gula Jawa yang bersih dan agak gelap warnanya agar warna kolak menjadi karamel cantik. Sisir halus gula Jawa, masak bersama 20% gula putih (dari jumlah seluruh gula) dengan sedikit air hingga larut. Saring air gula ini agar kolak bersih. Tambahan sedikit gula pasir akan membuat kolak lebih legit atau tidak asam.

Pandan:
Tambahkan beberapa helai daun pandan agar aroma kolak lebih enak. Rebus santan, air gula kental dan daun pandan hingga mendidih dengan api kecil. Masukkan pisang, atau tambahan ubi dan buah atap. Rebus hingga pisang lunak.

Bahan Tambahan:
Agar kolak enak dan padat isinya bisa ditambahkan ubi, labu kuning dan buah atap dalam isiannya. Untuk menambah aroma bisa ditambahkan nangka, tapi singkong atau kurma. Masukkan bahan ini setelah pisang lunak karena nangka, tapai dan kurma sudah matang. Didihkan sebentar lalu angkat.

Nah, semoga dengan Resep Kolak Pisang untuk Menu Buka Puasa di atas akan menambah kekhusyuan kita berpuasa selama bulan Ramadhan. Berbuka puasa bersama keluarga adalah hal yang sangat membahagiakan. Untuk Anda yang ingin mengetahui waktu berbuka puasa dan imsakiyah, baca Jadwal Puasa Ramadhan 2012 selengkapnya di blog ini. Semoga semua alam ibada kita di terima oleh-Nya. Amin.
Share this article :
 
Copyright © 2012. puteri widyasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger